rpp kurikulum 2013 revisi

Free Download RPP Revisi 2017

Download Gratis Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Sosiologi Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Versi HOTS

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017


Pengembangan indikator dan materi pembelajaran merupakan 2 (dua) kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Pemahaman guru terhadap keterkaitan SKL, KI dan KD dapat membantu guru dalam mengembangkan IPK. 

Di tahun ajaran ini 2017/2018 kemendikbud melakukan perubahan kembali (revisi 2017) terkait penyusunan RPP, yakni selain dimunculkannya kembali KI di awal juga harus sudah terintegrasi empat instrument yaitu 4C, Literasi, PPK dan HOTS, agara proses KBM berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.. 

Selain itu di instrument yang dimanamakan HOTS ini harus diperhatikan oleh setiap guru, karena bertujuan untuk menganalisa apakah kemampuan berpikir seorang siswa tersebut merupakan kemampuan berpikir tingkat rendah Lower Order Thinking Skills (LOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Bukan hanya bertujuan untuk memudahkan proses KBM, namun RPP berperan untuk:

  • Meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran berdasarkan tuntutan Kurikulum 2013.
  • Meningkatkan keterampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013

Berikut ini merupakan contoh RPP untuk mapel Sosiologi kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 berdasarkan permendikbud no 22-24 tahun 2016. Download RPP Sosiologi Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Adapun materi yang dibahas dalam mata pelajaran sosiologi kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 berdasarkan KI-KD dan silabus yaitu:

  • Pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis. 
  • Permasalahan social dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di Masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis.
  • Arti penting prinsip kesetaraan untuk menyikapi perbedaan sosial demi terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.
  • Konflik sosial dan cara memberikan respons untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya kehidupan yang damai di masyaraka.
  • Cara melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat.