rpp kurikulum 2013 revisi

Free Download RPP Revisi 2017

Download Gratis Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP BAHASA INGGRIS SMK KELAS 11 K13 REVISI 2017


Dengan adanya rencana pendidikan pembelajaran serta karakteristik Pendidikan Kejuruan yang dapat digaris bawahi sebagai pendidikan kejuruan yang ditujukan untuk mempersiapkan peserta didik memasuki lapangan kerja dan menjadi salah satu tenaga ahli di bidang tersebut, pendidikan kejuruan didasarkan atas “demand-driven” (kebutuhan dunia kerja) dan fokus isi pendidikan kejuruan ditekankan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang dibutuhkan oleh dunia kerja yang sesuai dengan keahlian dalam bidang dan kejuruan yang di dalami.

Serta penilaian yang sesungguhnya terhadap kesuksesan siswa harus pada “hands-on” atau performa dalam dunia kerja, dan melakukan hubungan yang erat dengan dunia kerja yang lain hal tersebut  merupakan kunci sukses pendidikan kejuruan serta hal demikian dapat berdampak menjadi salah satu tenaga ahli dalam bidang yang di jalani dan tentunya akan bermanfaat serta berguna bagi kehidupan dan masa depan yang cerah dikemudian hari. 

Pendidikan kejuruan adalah pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu. Pengertian ini mengandung pesan bahwa setiap institusi yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan harus berkomitmen menjadikan tamatannya mampu bekerja dalam bidang tertentu (Depdikbud, 1995).

 Tercapai tidaknya tujuan di atas sangat tergantung pada masukan dan sejumlah variabel dalam proses pendidikan. Salah satu variabel dalam proses pendidikan yang menentukan ketercapaian  tujuan SMK adalah kerja sama antara SMK dengan dunia usaha dan dunia pendidikan tinggi (Depdikbud, 1995). Semakin erat hubungan antara SMK dengan dunia pendidikan tinggi, logikanya semakin baik kualitas tamatannya, yang berarti kualitas tamatan dapat ditingkatkan karena di dunia pendidikan tinggi, ilmu dan teknologi akan berkembang.

Prinsip-prinsip Pendidikan Kejuruan adalah sebagai berikut :

Pendidikan kejuruan akan efisien jika lingkungan di mana siswa dilatih merupakan replika lingkungan di mana nanti ia akan bekerja dan pendidikan kejuruan akan efektif hanya dapat diberikan di mana tugas-tugas latihan dilakukan dengan cara, alat, dan mesin yang sama seperti yang diterapkan di tempat kerja serta pendidikan kejuruan akan efektif jika dia melatih seseorang dalam kebiasaan berpikir dan bekerja seperti yang diperlukan dalam pekerjaan itu sendiri

pendidikan adalah proses untuk penguatan Karakter dan didalam pembelajaran karakter tersebut yang diperkuat harus mempunyai 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas di mana hal tersebut akan senantiasa membantu memudahkan siswa atau anak didik dapat menerima mata pelajaran yang di sampaikan dan mejadikan ilmu pengetahuan yang berguna nantinya.

Mengintegrasikan literasi, Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi

Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
Literasi Media (Media Literacy),
Literasi Teknologi (Technology Literacy),
Literasi Visual (Visual Literacy).

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang

Pengintegrasian dapat berupa :

  • pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam memberikan pelajaran sehingga hal tersebut dapat mudah di serap siswa.
Dan adapun penambahan serta pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa, penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Keterampilan abad modern atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation), hal inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, tidak hanya sekadar transfer materi, akan tetapi sebuah pembentukan 4C, dan beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. adapun hal tersebut memungkinkan kita untuk melakukan penguasaan keterampilan di abad modern ini sangatlah  penting, 4C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Rencana pendidikan pembelajaran SMK Terbaru Revisi 2017 mengarah kepada Rencana  di jenjang SMK hasil Revisi Terbaru pada tahun 2017, RPP SMK Terbaru Revisi 2017 tidak akan lepas dari panduan penyusunan RPP bagi guru SMK berdasarkan dokumen pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2017, Uraian terkait RPP SMK Terbaru Revisi 2017 di bawah ini merujuk pada bahan diklat Penyegaran Instruktur Nasional/Instruktur Propinsi Kurikulum 2013 tahun 2017.

Dan berikut di bawah ini kami sediakan CONTOH SMK BAHASA INGGRIS KELAS 11 K13 REVISI 2017 serta ruang lingkup materi yang terdapat didalamnya yaitu sebagai berikut:
  1. Teks Interaksi Transaksional Terkait Saran dan Tawaran
  2. Teks Interaksi Transaksional Lisan dan Tulis Terkait Pendapat dan Pikiran
  3. Teks Interaksi Transaksional Terkait Pesan Sederhana Lewat Telepon (Taking Phone Message)
  4. Teks Khusus Dalam Bentuk Undangan Resmi
  5. Teks Khusus Dalam Bentuk Surat Pribadi
  6. Teks Prosedur Terkait Manual Penggunaan Teknologi dan Kiat-Kiat (Tips)
  7. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) Keadaan / Tindakan/ Kegiatan/ Kejadian Tanpa Perlu Menyebutkan Pelakunya Dalam Teks Ilmiah Passive voice
  8. Conditionals (Suatu Keadaan/ Kejadian/Peristiwa Di Waktu Yang Akan Datang)
  9. Teks Ilmiah Faktual Tentang Orang, Binatang, Benda, Gejala Dan Peristiwa Alam Dan Sosial, Sederhana (Factual Report)
Demikian informasdi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan bermanfaat, untuk sahabat yanbg membutuhkan perangkat pembelajaran lengkap silahkan kunjungi website resmi kami www.divapendidikan.com, terima kasih.