rpp kurikulum 2013 revisi
Mau RPP Kurikulum 2013 Revisi?
Langsung ke email Anda

Download RPP SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA dan SMK Kurikulum 2013 Abad 21

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat diperlukan oleh semua  manusia di seluruh dunia. Seperti dijelaskan dalam Bab I, secara ilmu pengetahuan  Indonesia merupakan negara berkembang yang masih tertinggal dari negara  berkembang lainnya. Meskipun demikian, pendidikan di Indonesia memiliki  kelebihan dibanding negara‐negara tersebut atau negara maju lainnya dengan dasar  pendidikan Pancasila dan UUD 1945 yang berakar pada budaya bangsa yang  mengedepankan karakter yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan  Abad 21. 

Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan  kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta  penguasaan terhadap teknologi.  Literasi menjadi bagian terpenting dalam sebuah proses pembelajaran, peserta  didik yang dapat melaksanakan kegiatan literasi dengan maksimal tentunya akan  mendapatkan pengalaman belajar lebih dibanding dengan peserta didik lainnya. 

Pembelajaran akan meletakkan dasar dan kompetensi, pengukuran kompetensi  dengan urutan LOTS menuju HOTS. Proses pembelajaran akan dimulai dari suatu  hal yang mudah menuju hal yang sulit. Dengan evaluasi LOTS akan menjadi tangga  bagi peserta didik untuk meningkatkan kompetensi menuju seseorang yang  memiliki pola pikir kritis. Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kritis,  kreatif, kolaborasi dan mampu berkomunikasi dengan baik akan meningkat pula  karakternya, sehingga keilmuan dan kompetensi yang dikuasainya akan  menjadikannya memiliki sikap/karakter yang bertanggungjawab, bekerja keras,  jujur dalam kehidupannya. Seorang peserta didik yang mengalami proses  pembelajaran dengan melaksanakan aktivitas literasi pembelajaran dan guru  memberikan penguatan karakter dalam proses pembelajaran dengan urutan  kompetensi dari LOTS menuju kompetensi HOTS akan menghasilkan lulusan yang  memiliki karakter dan kompetensi

Keterangan dari Gambar diatas
  1. Pembelajaran  dalam  Kurikulum  2013  bertujuan  mengembangkan  bakat, minat,  dan  potensi  peserta  didik  agar  berkarakter,  kompeten  dan  literat.  Untuk mencapai hasil tersebut diperlukan pengalaman belajar yang bervariasi  mulai dari yang sederhana sampai pengalaman belajar yang bersifat kompleks.  Dalam  kegiatan  tersebut  guru  harus  melaksanakan  pembelajaran  dan penilaian yang relevan dengan karakteristik pembelajaran abad 21.  
  2. Pembelajaran  dalam  setiap  mata  pelajaran  terkait  dengan  kompetensi  dan konteks  yang  harus    memacu  peserta  didik  untuk  memiliki  ketrampilan berpikir  dari  yang  sederhana  (LOTS)  menuju  proses  berpikir  tingkat  tinggi  (HOTS). 
  3. Kegiatan  pembelajaran  tersebut  tidak  dapat  sekaligus  dilaksanakan,  tetapi  sedikit  demi  sedikit  ada  perubahan.  Dari  kapasitas  LOTS  yang  banyak  sedikit  demi  sedikit  dikurangi  dan  menambah  kapasitas  HOTS,  sehingga  pada  akhirnya kapasitas HOTS menjadi karakter peserta didik. 
  4. Melalui  pembelajaran  tersebut  pada  akhirnya  dapat  mengahasilkan  lulusan  yang  berkarakter,  kompeten  dan  literat  untuk  siap  menhadapai  tantangan  Abad 21.    
Pilar pendidikan merupakan soko guru pendidikan. Unesco memberikan empat pilar  pendidikan  yang  terdiri  atas  Learning  to  know,  learning  to  do,  learning  to  be,  dan  learning to live together in peace. Tetapi untuk mencapai Tujuan Pendidikan Nasinal,  tidak  cukup  dengan  emapt  pilar  tersebut,  maka  dalam  pendidikan  di  Indonesia  ditambah  dengan  dengan  pilar  pendidikan  “Belajar  untuk  memperkuat  keimanan,  ketakwaan, dan akhlak mulia”. 

Ada berbagai kegiatan persiapan yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku referensi untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber belajar yang relevan, dan menentukan langkah-langkah pembelajaran, sampai dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). 

Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif seperti yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapatdilakukan oleh guru secara mandiri maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP adalah silabus dan standar isi.

Berikut Kami Sajikan Contoh RPP Kurikulum 2013Revisi 2017
RPP SD Kurikulum 2013 Abad 21
RPP SMP Kurikulum 2013 Abad 21
RPP SMA Kurikulum 2013 Abad 21
RPP SMK Kurikulum 2013 Abad 21

RPP MI Kurikulum 2013 Abad 21
RPP MTs Kurikulum 2013 Abad 21
RPP MA Kurikulum 2013 Abad 21

Untuk Mendapatkan RPP K13 Abad 21 Lengkap Full Semester silahka Bapak Kunjungi web Kami www.divapendidikan.com

Kunjungi Kami disini