rpp kurikulum 2013 revisi

Free Download RPP Revisi 2017

Download Gratis Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Bahasa dan Sastra Inggris (Peminatan) SMA Kelas 10, 11 & 12 Kurikulum 2013 Terintegrasi Keterampilan Abad 21, Literasi, PPK, dan HOTS

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -

Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Literasi menjadi bagian terpenting dalam sebuah proses pembelajaran, peserta didik yang dapat melaksanakan kegiatan literasi dengan maksimal tentunya akan mendapatkan pengalaman belajar lebih dibanding dengan peserta didik lainnya.

Pembelajaran akan meletakkan dasar dan kompetensi, pengukuran kompetensi  dengan urutan LOTS menuju HOTS. Proses pembelajaran akan dimulai dari suatu  hal yang mudah menuju hal yang sulit. Dengan evaluasi LOTS akan menjadi tangga  bagi peserta didik untuk meningkatkan kompetensi menuju seseorang yang  memiliki pola pikir kritis. Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kritis,  kreatif, kolaborasi dan mampu berkomunikasi dengan baik akan meningkat pula  karakternya, sehingga keilmuan dan kompetensi yang dikuasainya akan  menjadikannya memiliki sikap/karakter yang bertanggungjawab, bekerja keras,  jujur dalam kehidupannya.

Seorang peserta didik yang mengalami proses  pembelajaran dengan melaksanakan aktivitas literasi pembelajaran dan guru  memberikan penguatan karakter dalam proses pembelajaran dengan urutan  kompetensi dari LOTS menuju kompetensi HOTS akan menghasilkan lulusan yang  memiliki karakter dan kompetensi
  • Pembelajaran  dalam  Kurikulum  2013  bertujuan  mengembangkan  bakat, minat,  dan  potensi  peserta  didik  agar  berkarakter,  kompeten  dan  literat.  Untuk mencapai hasil tersebut diperlukan pengalaman belajar yang bervariasi  mulai dari yang sederhana sampai pengalaman belajar yang bersifat kompleks.  Dalam  kegiatan  tersebut  guru  harus  melaksanakan  pembelajaran  dan penilaian yang relevan dengan karakteristik pembelajaran abad 21.  
  • Pembelajaran  dalam  setiap  mata  pelajaran  terkait  dengan  kompetensi  dan konteks  yang  harus    memacu  peserta  didik  untuk  memiliki  ketrampilan berpikir  dari  yang  sederhana  (LOTS)  menuju  proses  berpikir  tingkat  tinggi  (HOTS). 
  • Kegiatan  pembelajaran  tersebut  tidak  dapat  sekaligus  dilaksanakan,  tetapi  sedikit  demi  sedikit  ada  perubahan.  Dari  kapasitas  LOTS  yang  banyak  sedikit  demi  sedikit  dikurangi  dan  menambah  kapasitas  HOTS,  sehingga  pada  akhirnya kapasitas HOTS menjadi karakter peserta didik. 
  • Melalui  pembelajaran  tersebut  pada  akhirnya  dapat  mengahasilkan  lulusan  yang  berkarakter,  kompeten  dan  literat  untuk  siap  menhadapai  tantangan  Abad 21.    
Ada berbagai kegiatan persiapan yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku referensi untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber belajar yang relevan, dan menentukan langkah-langkah pembelajaran, sampai dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif seperti yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapatdilakukan oleh guru secara mandiri maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP adalah silabus dan standar isi.

Mengapa RPP Penting Disusun oleh Guru?
Alasan pentingnya RPP disusun oleh guru adalah :
  1. RPP adalah merupakan bukti kegiatan yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas dan wajib disusun oleh  guru; 
  2. RPP merupakan rambu-rambu untuk dijadikan sebagai pedoman guru dalam melaksanakan aktivitas di kelas; 
  3. Dengan menyusun RPP, guru telah  lebih awal memikirkan cara terbaik dan termudah untuk membangun kompetensi yang dipersyaratkan pada siswa agar siswa mencapai kompetensi  tersebut;
  4. Dengan menyusun RPP guru sedini mungkin memperkirakan efektifitas pengelolaan kelas baik menyangkut waktu, penciptaan suasana kelas, maupun upaya-upaya pencapaian tujuan pembelajaran
Suatu hal yang tidak bisa ditawar, bahwa RPP wajib disusun oleh guru sebelum guru masuk kelas. Karena dengan adanya perencanaan guru telah menetapkan segala keperluan serta metode yang harus diterapkan ketika melaksanakan pembelajaran termasuk dapat mengelolah waktu secara efisien.

Sebagai panduan Bapak/Ibu Menyusun RPP Kurikulum 2013 Abad 21 maka berikut ini kami Sajikan Contoh RPP Bahasa dan Sastra Inggris (Peminatan) Kelas 10, 11 & 12 Kurikulum 2013 Revisi 2017silahkan anda download pada Link Yang Telah Kami sediakan berikut ini


Detail RPP  Bahasa dan Sastra Inggris (Peminatan)SMA Kurikulum 2013 Abad 21
  • RPP Terintegrasi dengan pembelajaran: a) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, b) Literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) c) HOTS (Higher Order Thinking Skill) 
  • RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru 
  • RPP disusun Berdasarkan Permendikbud no 22, 24 tahun 2016
  • RPP disusun berdasarkan Struktur kurikulum yang berlaku 
  • IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS 
  • IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. 
  • IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif 
  • IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret 
  • RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 
  • Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. 
  • Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.